Jumat, 21 Februari 2020

Pengertian,cara dan manfaat shalat tahajud yang istimewa


Assalamualaikum Wr.Wb

Hai sobat bertemu lagi dengan saya dibog artikel bermanfaat Jamil.Kali ini saya akan membahas tentang pengertian,cara dan manfaat shalat tahajud yang istimewa.Apakah kalian sudah pernah mengerjakan shalat tahajud? Jika anda sudah pernah dan bisa melaksanakan shalat tahajud anda termasuk orang yang beruntung karena ada banyak sekali manfaat shalat tahajud yang bisa didapatkan dan dirasakan.Bagi anda yang belum bisa mengerjakan shalat tahajud,anda tidak perlu khawatir karena saya disini akan menjelaskan tentang cara shalat tahajud yang benar.

Apakah kalian tahu apa itu shalat tahajud? Shalat tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari sesudah tidur dan sesudah shalat isya.Jika anda tertidur dan belum mengerjakan shalat isya dan anda ingin mengerjakan shalat tahajud maka anda harus melakukan shalat isya terlebih dahulu,baru setelah kalian shalat isya anda bisa mengerjakan shalat tahajud.

Baca juga: Cara ampuh agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah Swt

Tatacara shalat tahajud sebagai berikut ini :

1.Berwudhu terlebih dahulu
      Cara yang pertama yaitu anda harus berwudhu terlebih dahulu.Wudhu merupakan syarat yang wajib untuk melaksanakan shalat.Lebih baik lagi kalau kita melakukan mandi wajib terlebih dahulu dan setelah itu kita berwudhu lalu kita shalat tahajud,hal ini snagat bagus dan dianjurkan.

2.Setelah berwudhu baru kita melakukan shalat tahajud dan apabila belum shalat isya maka kita harus melaksanakan shalat isya terlebih dahulu.

3.Setelah dua langkah di atas kalian terapakan ,sekarang anda bisa melaksanakan shalat sunat tahajud

4.Membaca niat shalat sunat tahajud
   langkah awal dalam memulai shalat tahajud yaitu kita harus berniat untuk melaksanakan shalat tahajud.Niatnya sebagai berikut:

 اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

 5.Setelah kita membaca niat shalat sunat tahajud lalu kita cukup membaca surat Al-Fatihah lalu setelah kita membaca surat Al--Fatihah,kita cukup membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua.Saya menyarankan anda untuk melakukan shalat tahajud yang jumlah rakaatnya sedikit,yaitu dua rakaat untuk latihan.

Itulah cara melakukan shalat tahajud yang dapat kalian praktikan di masjid ataupun rumah kalian masing-masing.Shalat tahajud memiliki banyak manfaat,berikut ini beberapa manfaat dari mengerjakan shalat tahajud.

 Manfaat shalat tahajud sebagai berikut: 

1.Dapat mendekatkan diri dengan Allah Swt 
2.Dapat mencegah dosa
3.Dapat menghapus amal buruk
4.Dapat menghindarkan dan menolak penyakit dari badan.

Dalam suatu riwayat ada yang mengatakan bahwa orang yang melaksanakan shalat tahajud di akhir waktu malam maka dia (orang yang mengerjakan shalat tahajud) itu lebih baik dari alam semesta beserta isinya. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.Jangan lupa untuk memberi komentar.Terimakasih:-) 

2 komentar: