Jumat, 27 Maret 2020

Dampak negatif menonton sinetron bagi anak



        Hai kawan,bertemu lagi dengan saya di blog artikel bermanfaat jamil. Kali ini saya akan mengulas seputar dampak negatif dari menonton sinetron bagi anak. Apakah kalian menyukai sinetron? jika kalian termasuk pecinta sinetron,anda perlu berhati-hati karena ada dampak negatif dari menonton sinetron, khususnya bagi anak-anak. Sekarang ini banyak sekali tayangan sinetron di Indonesia yang kurang bagus apabila ditonton oleh anak. Kebanyakan sinetron di Indonesia berisikan tentang cinta, pertengkaran, pertikaian, perselingkuhan dan sebagainya. Berikut ini saya jelaskan tentang dampak negatif menonton sinetron bagi anak.

1.Membuat anak malas belajar
        Dampak negatif yang pertama yaitu membuat anak malas belajar karena hampir setiap hari ada jam tayang sinetron sehingga menjadikan anak terlalu sering menonton sinetron dan akhirnya membuat anak menjadi malas belajar.Selain itu menonton sinetron juga dapat membuat anak kecanduan atau ketagihan.

2.Prestasi anak menjadi turun
            Ya, dampak negatif yang selanjutnya yaitu dapat membuat prestasi anak menjadi turun karena     hampir setiap hari menonton sinetron. Hal tersebut membuat anak menjadi lupa untuk belajar dan     akhirnya prestasi anak pun menjadi turun.

3.Dapat merusak kesehatan mata anak
         Selain dapat membuat prestasi anak menjadi tanak, meninton sibetron juga danak merusak kesehatan mata anak. Hal tersebut dapat terjadi karena anak terlalu sering melihat ke layar TV. Cahaya dari TV yang memancar ke mata dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Jadi, sebaiknya anda kurangi dalam menonto TV.

4.Perilaku anak menjadi buruk
    Di dalam tayangan sinetron,sering ada tingkah laku yang kurang baik , seperti bertengkar, berpacaran, membentak, berkelahi dan lain-lain.Hal ini bisa mengimitasi anak atau menjadikan anak meniru tingkah laku yang kurang bagus.Hal ini bisa terjadi karena anak belum bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk atau salah.

    Dari dampak negatif yang telah saya sampaikan di atas,sinetron memang memiliki banyak dampak negatifnya. Bagi orang tua yang memiliki anak sebaiknya anda harus lebih mengawasi anak anda dalam menonton TV agar anak anda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

    Itulah beberapa dampak negatif dari menonton sinetron bagi anak. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda karena komentar anda dapat membantu saya dalam memperbaiki kesalahan yang ada di artikel ini. Sekian dan Terimakasih....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar