Kamis, 23 Januari 2020

Dampak negatif game online



Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini,hampir semua orang telah memiliki smartphone canggih yang membuat bermunculan berbagai jenis game,khususnya game online.Game online adalah game atau permainan yang menggunakan koneksi internet untuk memainkanya dan dapat dimainkan secara bersama sama baik dengan teman ataupun orang lain di seluruh dunia.Hampir semua orang baik anak-anak,remaja,dan dewasa senang memainkan game online.Dari sebuah penelitian anak yang memainkan game memiliki kreatifitas yang tinggi dibandingkan dengan anak yang lainya.Tetapi apakah anda tahu,bahwa game online juga menimbulkan banyak dampak negatif.Berikut dampak negatif yang di timbulkan dari game online.

1.Menurunkan prestasi belajar
    Dampak yang pertama ialah dapat menurunkan prestasi belajar,ya faktanya memang benar karena setiap waktu yang ada hanya untuk bermain game online daripada belajar.Hal inilah yang membuat prestasi anak menjadi menurun.Sebaiknya orang tua lebih mengawasi dan mengontrol anaknya dalam memakai handphone agar tidak tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

2.Mulai mengabaikan keselamatan
   Banyak orang yang mengabaikan keselamatan karena game online.Ada banyak orang yang kurang bijak saat memainkan game contohnya bermain game saat berjalan.Hal ini tentu berbahaya karena dapat menyebabkan kecelakan di jalan.Tidak hanya itu banyak yang mengabaikan waktu makan dengan bermain game,hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan.

3.Dapat merusak mata
Orang yang terlalu sering bermain game online dapat menyebabkan kerusakan pada mata.Hal tersebut karena adanya radiasi cahaya dari ponsel ke mata kita.Akibatnya kesehatan mata kita menurun,dan akhirnya mata akan menjadi rusak.Jadi sebaiknya kurangi dalam bermain game online.

4.Abai terhadap orang terdekat maupun orang lain
   Ketika seseorang sedang bermain game online mereka biasanya tidak peduli dengan orang disekitarnya karena mereka hanya terfokus pada game yang sedang di mainkanya.Hal itu tentu tidak baik karena bisa menimbulkan permasalahan,setiap orang tentunya membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri.Jadi jangan abaikan orang disekitar kita hanya karena game online.

5.Mudah emosi
   orang yang bermain game online pasti biasanya mengalami kekalahan,dan apabila seseorang terlalu sering kalah biasanya dapat menyebabkan emosi yang berlebihan contohnya membanting handphone,padahal hal itu sebaiknya tidak boleh di lakukan,hal itu akan merugikan diri sendiri.

6.Menyebabkan malas beraktivitas lainya

   Biasanya orang yang suka bermain game mereka akan lebih suka untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game daripada beraktivitas.Hal itu tentunya tidak baik karena jika kurang beraktivitas dapat menyebabkan badan menjadi tidak sehat karena kurang bergerak.Jadi luangkanklah sedikit waktu untuk beraktivitas di luar ruangan.


7.Menurunya kesehatan


Akibat seringnya bermain game online,kita akan menjadi kurang beraktivitas.Sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti jantung dan ambeyen.


8.Dapat menyebabkan stress dan depresi

Seseorang yang sering kalah ketika bermain game online mereka akan depresi dan membuat stress

9.Menghambur-hamburkan uang

   Ya,dampak yang terakhir adalah menghabiskan uang.Pastinya untuk dapat bermain game online kita membutuhkan kuota.Banyak uang yang terbuang untuk membeli kuota hanya untuk bermain game online.Tidak hanya itu terkadang kita membeli pulsa untuk top up game,tentunya hal itu akan menghambur-hamburkan uang yang kita miliki.Daripada melakukan hal tersebut lebih baik kita gunakan uang untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Sekian artikel dari saya semoga bisa bermanfaat dan dapat menyadarkan kita bahwa game online memiliki banyak dampak negatif.Terimakasih...:)

3 komentar:

  1. Benar yg anda sampaikan dalam tulisan ini.selain itu dampak psikogis pastinya mendatangi mereka yg kecanduan game online.Kehangatan sosial bisa saja hilang.salam kenal

    BalasHapus
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus