Rabu, 05 Februari 2020

Manfaat jujur bagi diri sendiri dan orang lain




Hai kawan,pernahkah anda mendengar kata jujur? Pastinya anda sering mendengar kata jujur bukan? Namun apakah anda tahu apa yang di maksud dengan jujur? Jujur adalah kesesuaian antara ucapan dan perbuatan sesuai dengan kenyataan yang ada. Sifat jujur harus ditanamkan sejak usia dini karena sifat jujur adalah sifat yang sangat bagus dan terpuji. Orang tua sangat penting dalam menumbuhkan sifat jujur pada anak. Jika sejak dini anak diajari untuk jujur,kemungkinan besar dia akan selalu jujur sampai kapanpun karena sifat jujurnya telah tertanam dalam dirinya sejak kecil. Selain itu sifat jujur masih memiliki banyak manfaat yang lain,berikut ini manfaat jujur.

1.Di percaya orang lain

Manfaat yang pertama adalah dipercaya orang lain. Pasti orang yang jujur akan dipercaya orang lain karena tidak pernah berbohong.Sebaliknya dengan orang yang suka berbohong dan berdusta akan menjadikan seseorang tidak percaya dan bahkan bisa di benci oleh orang lain.

2.Memiliki banyak teman 

Manfaat yang kedua yaitu akan memiliki banyak teman. Orang-orang lebih suka dan senang dengan orang yang jujur dan sebalikya orang-orang akan menjauhi serta membenci orang-orang yang suka berbohong dan berdusta.jadi mulai dari sekarang berusahalah kalian untuk jujur agar kita mendapatkan banyak teman.

3.Akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt

Orang yang jujur akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt. Contohnya seseorang yang bekerja di perusahaan dan memiliki sifat yang jujur,pasti dia akan diangkat menjadi tangan kanan oleh atasanya dan dapat juga dinaikan jabatanya oleh atasanya karena sifatnya yang jujur.


4.Hati menjadi tenang,tentram dan damai

Manfaat jujur yang berikutnya yaitu menjadikan hati tenang,tentram dan damai. Hal itu karena orang yang jujur tidak memiliki kebohongan yang harus di tutup-tutupi. Beda halnya dengan orang yang suka berbohong dan berdusta,mereka akan merasa gelisah dan tidak tenang karena kebohonganya harus mereka tutupi dengan kebohongan yang baru.

5.Dicintai Allah dan dijauhkan dari neraka

Orang yang jujur adalah orang yang sangat dicintai dan di sukai oleh Allah. Orang yang jujur akan dimasukan oleh Allah ke surga dan dijauhkan dari neraka. Tetapi sebaliknya Allah sangat membenci orang yang suka berbohong dan berdusta. Orang yang suka berbohong dan berdusta akan mendekatkanya ke neraka dan menjauhkanya dari surga.

Dari manfaat jujur yang telah dijelaskan diatas tadi,masih banyak lagi manfaat jujur yang lainya. Hal diatas hanyalah sebagian kecil dari manfaat jujur. Jadi,untuk kalian semuanya berusahalah untuk bersifat jujur karena jujur banyak manfaatnya bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Sekian dan Terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar